Minggu, 29 Mei 2011

Saya dan Negara Zambia


ZAMBIA

Zambia adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Selatan. Negara-negara tetangga adalah Republik Demokratik Kongo di sebelah utara, Tanzania di timur laut, Malawi di timur, Mozambik , Zimbabwe , Botswana dan Namibia di selatan, dan Angola di barat. Ibukota adalah Lusaka , terletak di-tengah bagian selatan negara itu. Populasi terkonsentrasi terutama di sekitar ibu kota Lusaka di selatan dan Copperbelt ke barat laut.
Peta Letak Zambia

Pemburu-pengumpul asli penghuni Zambia mulai mengungsi atau migrasi suku-suku yang lebih maju sekitar 2.000 tahun yang lalu. Gelombang besar imigran berbahasa Bantu dimulai pada abad ke-15, dengan masuknya terbesar antara akhir abad ke-19 ke-17 dan awal. Mereka datang terutama dari suku Luba dan Lunda Republik Demokratik Kongo selatan dan Angola utara namun bergabung pada abad ke-19 oleh masyarakat Ngoni dari selatan. Pada bagian akhir abad itu, berbagai orang Zambia sebagian besar didirikan di wilayah yang mereka tempati saat ini. 

Kecuali seorang penjelajah Portugis sesekali, daerah berbaring tersentuh oleh orang Eropa selama berabad-abad. Setelah pertengahan abad ke-19, itu ditembus oleh penjelajah Barat, misionaris, dan pedagang. David Livingstone, pada tahun 1855, adalah orang Eropa pertama yang melihat air terjun indah di Sungai Zambezi. Ia menamai jatuh setelah Ratu Victoria, dan kota Zambia dekat jatuh adalah namanya. 

Pada 1888, Cecil Rhodes, ujung tombak kepentingan komersial dan politik Inggris di Afrika Tengah, memperoleh konsesi mineral hak dari pemimpin lokal. Pada tahun yang sama, Utara dan Rhodesia Selatan (sekarang Zambia dan Zimbabwe, masing-masing) yang menyatakan bola Inggris pengaruh. Rhodesia Selatan dianeksasi secara formal dan diberikan pemerintahan sendiri pada tahun 1923, dan administrasi Rhodesia Utara dipindahkan ke kantor kolonial Inggris pada tahun 1924 sebagai protektorat. 

Pada 1953, kedua Rhodesias bergabung dengan Nyasaland (sekarang Malawi) untuk membentuk Federasi Rhodesia dan Nyasaland. Rhodesia Utara merupakan pusat banyak gejolak dan krisis yang ditandai federasi dalam beberapa tahun terakhir. Pada inti dari kontroversi itu tuntutan Afrika mendesak untuk partisipasi yang lebih besar dalam ketakutan pemerintah dan Eropa kehilangan kontrol politik. 

Pemilihan dua tahap yang diselenggarakan pada bulan Oktober dan Desember 1962 menghasilkan mayoritas Afrika di dewan legislatif dan gelisah koalisi antara kedua partai nasionalis Afrika. Dewan berlalu resolusi yang menyerukan untuk memisahkan diri dari Rhodesia Utara federasi dan menuntut penuh pemerintahan sendiri di bawah konstitusi baru dan majelis nasional yang baru berdasarkan waralaba, lebih luas lebih demokratis. Pada tanggal 31 Desember 1963, federasi dibubarkan, dan Northern Rhodesia menjadi Republik Zambia pada 24 Oktober 1964. 




Zambia dibagi menjadi sembilan provinsi , masing-masing dikelola oleh wakil menteri ditunjuk. Setiap provinsi dibagi menjadi beberapa distrik dengan grand total 72 kabupaten. Provinsi adalah Tengah, Copperbelt, Timur, Luapula, Lusaka, Utara, Utara Barat, Selatan, dan Barat.


Zambia adalah sebuah daratan di Afrika bagian selatan, dengan iklim tropis dan terdiri dari sebagian besar tinggi dataran tinggi , dengan beberapa bukit dan pegunungan, dibedah oleh lembah-lembah sungai. Pada 752.614 km (290.586 sq mi) itu adalah negara terbesar ke-39 di dunia (setelah Chile ) dan sedikit lebih besar daripada negara AS Texas . Negara ini terletak sebagian besar di antara garis lintang 8 ° dan 18 ° S , dan garis bujur 22 ° dan 34 ° BT .
Zambia memiliki dua lembah sungai utama: lembah Zambezi di selatan mencakup sekitar tiga-perempat dari negara, dan lembah Kongo di utara yang mencakup sekitar seperempat negara. Sebuah daerah yang sangat kecil di timur laut merupakan bagian dari lembah drainase internal Danau Rukwa di Tanzania.
Di lembah Zambezi, ada sejumlah sungai besar yang mengalir seluruhnya atau sebagian melalui Zambia: Kabompo , Lungwebungu , Kafue , Luangwa , dan Zambezi sendiri, yang mengalir melalui negara di sebelah barat dan kemudian membentuk perbatasan selatan dengan Namibia , Botswana dan Zimbabwe. Sumber dari lembah tersebut berada di Zambia tetapi mengalir ke Angola, dan sejumlah anak-anak sungainya di dataran tinggi tengah Angola.
Dua anak sungai terpanjang dan terbesar di Zambezi adalah Kafue dan Luangwa, yang mengalir di Zambia. Pertemuan antara sungai tersebut dengan Zambesi berada di perbatasan dengan Zimbabwe di Chirundu dan kota Luangwa. Sebelum pertemuan tersebut, Sungai Luangwa merupakan bagian dari perbatasan Zambia dengan Mozambik . Dari kota Luangwa, Zambezi melewati Zambia dan mengalir ke Mozambik, dan akhirnya ke Selat Mozambik .
Zambezi memiliki ketinggian sekitar 100 meter (328 kaki) dengan lebar 1.6 km (0.99 mi) Victoria Falls , terletak di sudut barat-selatan negara itu, kemudian mengalir ke Danau Kariba . Lembah Zambezi, di sepanjang perbatasan selatan, merupakan lembah yang dalam dan lebar. Dari Danau Kariba timur akan dibentuk grabens dan seperti Luangwa, Mweru-Luapula, Mweru-wa-Ntipa dan lembah Danau Tanganyika, merupakan lembah keretakan.
Bagian utara Zambia dipenuhi dengan dataran yang luas. Di sebelah barat yang paling penting di dataran banjir Barotse di Zambezi, yang banjir dari Desember hingga Juni, tertinggal musim hujan tahunan (biasanya November-April). Banjir mendominasi lingkungan alam dan kehidupan, masyarakat dan budaya penduduk dan orang-orang lain yang lebih kecil, dataran banjir di seluruh negeri.
Di Timur Zambia dataran tinggi yang membentang antara Zambezi dan lembah Danau Tanganyika dimiringkan ke atas ke arah utara, dan tak terasa meningkat dari sekitar 900 m (2953 ft) di selatan hingga 1.200 m (3937 ft) di tengah, mencapai 1.800 m (5906 ft) di utara dekat Mbala. daerah dataran tinggi ini Zambia utara telah dikategorikan oleh World Wildlife Fund sebagai bagian besar dari Zambezian Miombo Tengah hutan ekoregion .
Zambia Timur menunjukkan keragaman besar. Lembah Luangwa membagi dataran tinggi di kurva utara timur ke barat selatan, diperpanjang barat ke jantung dataran tinggi dengan lembah mendalam dari Sungai Lunsemfwa . Bukit dan gunung-gunung yang ditemukan oleh pihak dari beberapa bagian lembah, terutama di utara-timur Dataran Tinggi Nyika (2.200 m / 7218 ft) di perbatasan Malawi, yang memperpanjang ke Zambia sebagai Hills Mafinga, berisi titik tertinggi negara itu , Kongera (2.187 m / 7175 ft). Pegunungan Muchinga, DAS antara Zambezi dan cekungan drainase Kongo, berjalan sejajar dengan lembah Sungai Luangwa dan membentuk latar belakang yang tajam ke tepi utara, meskipun mereka hampir di mana-mana di bawah 1.700 m (5577 ft). puncak puncaknya Mumpu mereka berada di ujung barat dan pada 1.892 m (6207 ft) adalah titik tertinggi di Zambia jauh dari wilayah perbatasan timur. Batas dari gagang bunga Kongo terdapat sekitar gunung ini.
Para headstream selatan Sungai Kongo memuncak di Zambia dan mengalir melalui utara pertama sebagai Chambeshi dan kemudian, setelah Rawa Bangweulu sebagai Luapula , yang merupakan bagian dari perbatasan dengan Republik Demokratik Kongo . Para Luapula mengalir ke selatan kemudian ke barat sebelum ternyata di utara sampai memasuki Danau Mweru . sungai utama lainnya danau adalah Sungai Kalungwishi , yang mengalir ke dalamnya dari timur. Sungai Luvua Danau Mweru mengalir, mengalir keluar dari ujung utara ke Sungai Lualaba (Hulu Sungai Kongo).

Zambezi River
Danau Tanganyika adalah fitur hidrografi besar lainnya yang dimiliki oleh lembah Kongo tenggara dan berakhir menerima air dari Sungai Kalambo , yang merupakan bagian dari's perbatasan Zambia dengan Tanzania. Sungai ini telah terganggu Air terjun kedua tertinggi Afrika, Falls Kalambo .

Kalambo Falls

Iklim Zambia adalah tropis dimodifikasi oleh elevasi . Dalam klasifikasi iklim Köppen , sebagian besar negara ini diklasifikasikan sebagai lembab subtropis atau tropis basah dan kering , dengan peregangan kecil semi-kering iklim padang rumput di barat-selatan dan di sepanjang lembah Zambezi.

Ada dua musim utama di Zambia, yaitu musim hujan (November hingga April) yang sesuai untuk musim panas, dan musim kemarau (Mei / Juni-Oktober / November), sesuai dengan musim dingin. Musim kemarau dibagi menjadi dingin musim kemarau (Mei / Juni sampai Agustus), dan musim kemarau panas (September-Oktober / November). Pengaruh memodifikasi ketinggian memberikan pleasant negara subtropis daripada kondisi cuaca tropis selama musim dingin bulan Mei hingga Agustus. Namun, suhu bulanan rata-rata tetap berada di atas 20 ° C (68 ° F) atas sebagian besar negara untuk delapan atau lebih bulan dalam setahun.


Bahasa resmi Zambia adalah bahasa Inggris, yang digunakan untuk melakukan bisnis resmi dan media pengajaran di sekolah. Bahasa lokal utama, terutama di Lusaka, adalah Nyanja. Namun, Bemba dan Nyanja dituturkan di daerah perkotaan di samping bahasa pribumi lainnya yang umum digunakan di Zambia. Ini adalah: Ambo, Aushi, Bisa, Chikunda, Cishinga, Cokwe, Gova, Ila, Inamwanga, Iwa, Kabende, Kaonde , Kosa, Kunda, Kwandi, Kwandu, Kwangwa, Lala, Lamba, Lenje, Leya, Lima, Liyuwa, Lozi , Luano, Lucazi, Lumbu, Lunda , Lundwe, Lungu, Luunda, Luvale , Makoma, Mambwe, Mashasha, Bibi, Mbowe, Mbukushu, Mbumi, Mbunda, Mbwela, Mukulu, Mulonga, Ndembu, Ng'umbo, Nkoya, Nsenga, Nyengo , Nyiha, Sala, Seba, Senga, Shanjo, Shila, Simaa, Soli, Subiya, Swaka, Tabwa, Tambo, Toka, Tonga , Totela, Tumbuka, Twa, Unga, Wandya dan Yombe. Perkiraan jumlah bahasa yang digunakan di Zambia menambahkan hingga 72, [22] tiga belas (13) dialek dihitung sebagai bahasa di kanan mereka sendiri yang membawa nomor ini untuk 85.
Proses urbanisasi telah memberikan efek dramatis pada beberapa bahasa pribumi, termasuk asimilasi kata-kata dari bahasa pribumi lainnya dan Inggris. penduduk perkotaan terkadang membedakan antara dialek perkotaan dan pedesaan bahasa yang sama dengan awalan bahasa pedesaan dengan 'dalam'. Sebagian besar akan berbicara Bemba dan Nyanja di Copperbelt sementara Nyanja dominan diucapkan di Lusaka Zambia dan Timur. Bahasa Inggris digunakan dalam komunikasi resmi dan yang terpilih (suami / istri) bahasa di rumah jika (seperti yang sekarang umum) ada sebuah keluarga antar suku. Jika seseorang mengunjungi Zambia itu menjadi jelas bahwa bahasa terus berkembang dan telah menyebabkan gaul Zambia yang dapat didengar dalam kehidupan sehari-hari di Lusaka dan kota-kota besar lainnya. Sebagai anggota SADC , Portugis diperkenalkan di negara sebagai instruksi dalam sistem sekolah dasar, terutama yang ada kuat Angola populasi di negara itu. Bahasa seperti Kaonde, Lunda, Luvale, dan Tonga datang dari negara lain penjelajah.
Penduduk Zambia
 Zambia secara resmi merupakan negara Kristen menurut konstitusi 1996, namun tetap terdapat berbagai tradisi agama. Agama tradisional berbaur dengan mudah dengan keyakinan Kristen di banyak negara sinkretis gereja. denominasi Kristen meliputi: Roma Katolik , Anglikan , Pantekosta , Gereja Kerasulan Baru , Lutheran , Advent hari Ketujuh , Saksi-Saksi Yehuwa dan berbagai Injili denominasi. Tumbuh ini, disesuaikan dan makmur dari pemukiman misionaris asli ( Portugis dan Katolik di timur dari Mozambik ) dan Anglikanisme (Inggris dan pengaruh Skotlandia) dari selatan. Kecuali untuk beberapa posisi teknis (dokter misalnya), peran misionaris Barat sudah dianggap oleh orang-orang asli. Setelah Frederick Chiluba (seorang Kristen Pantekosta) menjadi Presiden pada tahun 1991, jemaat Pantekosta semakin meluas di seluruh negeri.

Sekitar 87% dari populasi adalah orang Kristen. Sekitar 1% dari populasi adalah Muslim dengan hidup yang paling di daerah perkotaan. Ada juga komunitas Yahudi kecil, sebagian besar terdiri dari Ashkenazis . Yahudi terkenal di Zambia telah memasukkan Simon Zukas , pensiunan Menteri, MP dan anggota Forum untuk Demokrasi dan Pembangunan dan sebelumnya pada MMD dan Serikat Partai Kemerdekaan Nasional . Selain itu, ekonom Stanley Fischer , saat ini gubernur Bank Israel dan sebelumnya kepala IMF juga lahir dan dibesarkan di Yahudi sebagian masyarakat Zambia. The Baha'i penduduk lebih dari 160.000 Zambia, atau 1,5% dari populasi. William Mmutle Masetlha Yayasan yang dikelola oleh komunitas Baha'i sangat aktif di berbagai bidang seperti literasi dan pelayanan kesehatan primer.
Bendera Zambia



Sources:
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Zambia
  • http://www.state.gov/r/pa/ei/bgn/2359.htm
  • http://www.infoplease.com/ipa/A0108165.html

1 komentar: