Senin, 30 Mei 2011

Tugas 4: Saya dan Negara, Republik Zimbabwe

Republik Zimbabwe adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Negara yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di barat, Zambia di utara dan Mozambik di timur.

Zimbabwe memiliki motto yang berbunyi Unity, Freedom, Work atau yang berarti Persatuan, Kebebasan, Pekerjaan. Lagu kebangsaan Zimbabwe berjudul Kalibusiswe Ilizwe leZimbabwe. Lagu ini diperkenalkan pada bulan Maret 1994, menggantikan lagu kebangsaan sebelumnya yang berjudul Ishe Komborera Africa. Lagu yang ditulis oleh Profesor Solomon Mutswairo dan dikarang oleh Fred Changundega ini telah diterjemahkan ke tiga bahasa utama Zimbabwe, yaitu bahasa Shona, Ndebele, dan Inggris.

Shona:
Simudzai mureza wedu weZimbabwe
Yakazvarwa nomoto wechimurenga;
Neropa zhinji ramagamba
Tiidzivirire kumhandu dzose;
Ngaikomborerwe nyika yeZimbabwe.
Tarisai Zimbabwe nyika yakashongedzwa
Namakomo, nehova, zvinoyevedza
Mvura ngainaye, minda ipe mbesa
Vashandi vatuswe, ruzhinji rugutswe;
Ngaikomborerwe nyika yeZimbabwe.
Mwari ropafadzai nyika yeZimbabwe
Nyika yamadzitateguru edu tose;
Kubva Zambezi kusvika Limpopo,
Navatungamiri vave nenduramo;
Ngaikomborerwe nyika yeZimbabwe.

Ndebele:
Phakamisan iflegi yethu yeZimbabwe
Eyazalwa yimpi yenkululeko;
Legaz' elinengi lamaqhawe ethu
Silivikele ezithan izonke;
Kalibusisiwe ilizwe leZimbabwe.
Khangelan' iZimbabwe yon' ihlotshiwe
Ngezintaba lang' miful' ebukekayo,
Izulu kaline, izilimo zande;
Iz' sebenzi zenam', abantu basuthe;
Kalibusisiwe ilizwe leZimbabwe.
Nkosi busis' ilizwe lethu leZimbabwe
Ilizwe labokhokho bethu thina sonke;
Kusuk' eZambezi kusiy' eLimpopo
Abakhokheli babe lobuqotho;
Kalibusisiwe ilizwe leZimbabwe.

Inggris:
Oh lift high the banner, the flag of Zimbabwe
The symbol of freedom proclaiming victory;
We praise our heroes' sacrifice,
And vow to keep our land from foes;
And may the Almighty protect and bless our land.
Oh lovely Zimbabwe, so wondrously adorned
With mountains, and rivers cascading, flowing free;
May rain abound, and fertile fields;
May we be fed, our labour blessed;
And may the Almighty protect and bless our land.
Oh God, we beseech Thee to bless our native land;
The land of our fathers bestowed upon us all;
From Zambezi to Limpopo
May leaders be exemplary;
And may the Almighty protect and bless our land

Bendera Zimbabwe diperkenalkan pada 18 April 1980. Menunjukkan replika tugu seekor burung yang telah dijumpai di daerah yang dulunya dikenal sebagai Zimbabwe Besar. Burung ini melambangkan sejarah Zimbabwe; bintang merah melambangkan perjuangan rakyat Zimbabwe untuk kemerdekaan dan kedamainan.
Secara resmi, makna warna-warna yang terdapat di bendera adalah seperti berikut:
•Hijau: unruk kawasan pertanian dan pedalaman di Zimbabwe
•Kuning: kekayaan sumber alam
•Merah: darah yang mengalir sewaktu perang untuk kemerdekaan
•Hitam: warna kulit bangsa Afrika, penduduk asli Zimbabwe
•Putih: kedamaian
Namun, ada pendapat yang mengatakan warna Hijau-Kuning-Hitam-Merah diambil dari warna bendera partai politik ZANU dan oleh itu melambangkan pemerintahan ZANU di Zimbabwe.

Ibu kota dan kota terbesar di Zimbabwe adalah Harare. Bahasa resminya adalah Bahasa Inggris. Presiden Zimbabwe saat ini ialah Robert Mugabe yang menjabat menjadi presiden mulai 31 Desember 1987. Pemerintahannya berbentuk Republik, dengan presiden Robert Mugabe, Perdana Menteri Morgan Tsvangirai, Wakil Presiden Joseph Msika Joice Mujuru, dan Wakil Perdana Menteri Thokozani Khuphe Arthur Mutambara. Zimbabwe memiliki luas total 390.580 km2, dengan jumlah penduduk (perkiraan Januari 2008) sebanyak 13.349.000 dan kepadatan mencapai 33/km2.

Zimbabwe terbagi menjadi 8 provinsi dan 2 kota yang berstatus setingkat provinsi: Bulawayo (kota), Harare (kota), Manicaland, Mashonaland Pusat, Mashonaland Timur, Mashonaland Barat, Masvingo, Matabeleland Utara, Matabeleland Selatan, dan Midlands.

Zimbabwe adalah sebuah negara tanpa lautan, dikelilingi oleh Afrika Selatan di selatan, Botswana di barat, Zambia di barat daya, dan Mozambique di timur dan timur laut. Inyangani adalah gunung tertinggi di Zimbabwe dengan ketinggian 2.592 meter. Perbatasan barat-laut ditandai oleh Sungai Zambezi. Air terjun Victoria adalah tujuan turis populer di Zambezi. Di selatan, Zimbabwe dipisahkan dengan Afrika Selatan oleh Sungai Limpopo. Zimbabwe juga berbatasan dengan Namibia di barat melalui sebuah jalur sempit.


Kemerdekaan Zimbabwe diawali dengan Republik Rhodesia. Rhodesia adalah nama yang dahulu merujuk kepada sebuah koloni Britania Raya di Afrika yang dipimpin oleh minoritas kaum putih. Nama itu merujuk dari nama Cecil Rhodes sebagai bapak pendiri koloni itu. Nama "Rhodesia" secara geografis meliputi kawasan yang kini merupakan wilayah Zimbabwe (dahulu Rhodesia Selatan) dan Zambia (Rhodesia Utara, merdeka 24 Oktober 1964).
Negara Rhodesia pernah berdiri antara 1965-1980. Selama kurun waktu tersebut, Rhodesia dipimpin oleh seorang kepala administrasi pemerintahan, tujuh presiden republik, seorang kepala daerah, dan dua orang perdana menteri.
Rhodesia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Britania pada 11 November 1965 dan diproklamasikan sebagai Republik Rhodesia pada 2 Maret 1970.
Konflik berkepanjangan melanda negara ini sejak 1971 hingga 1979. Partai Dewan Nasional Afrika Bersatu (UANC) memenangi pemilu yang diselenggarakan pada April 1979. Pada 1 Juni 1979, Abel Tendenkayi Muzorewa dan Josiah Zion Gumede masing-masing dilantik sebagai Perdana Menteri dan Presiden. Nama negara ini turut diganti menjadi Zimbabwe-Rhodesia.
Sesuai isi Perjanjian Lancaster House, Britania menguasai Zimbabwe-Rhodesia pada 12 Desember 1979 dan menyetujui kemerdekaan Zimbabwe-Rhodesia pada 18 April 1980, setelah diselenggarakannya pemilu yang dimenangi oleh Robert Mugabe. Sejak kemerdekaannya, Zimbabwe-Rhodesia berganti nama menjadi Zimbabwe. Peristiwa tersebut juga menandakan berakhirnya kepemimpinan minoritas kaum putih di wilayah itu. Dua tahun kemudian, nama ibu kotanya diubah menjadi Harare.Zimbabwe terus mengalami kemorosotan selama beberapa waktu ini. Inflasi negeri ini terus meningkat hingga 2,2 juta persen, yang menjadi inflasi tertinggi di dunia. Akibat inflasi yang tinggi tersebut, bank sentral Zimbabwe sudah mengeluarkan 4 versi mata uang sampai sekarang. Terakhir kali bank sentral Zimbabwe mengeluarkan pecahan $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) yang menjadi uang dengan nominal terbesar didunia yang kemudian digantikan dengan dolar versi ke-4 dimana setiap $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) uang lama digantikan menjadi $1 uang baru. Dengan ekonomi yang terus memburuk sekarang bank sentral Zimbabwe memutuskan untuk membolehkan rakyatnya menggunakan mata uang dolar Amerika sebagai mata uang mereka untuk menstabilkan kembali ekonomi Zimbabwe.
Menggunakan nama sesuai bahasa asli adalah sebuah kebanggaan tersendiri daripada menggunakan nama yang berasal dari nama penguasa asing asal Inggris itu. Sayangnya nama yang dipilih pun tidak memiliki struktur yang kuat dan merdeka di saat yang tidak tepat. Jadilah Zimbabwe negara yang terus merosot hingga hari ini

Sistem kesehatan di Zimbabwe merupakan salah satu yang terburuk di dunia dimana tingkat harapan hidup untuk pria hanya sampai umur 44 tahun dan 43 tahun untuk wanita, hasil ini menunjukkan penurunan dibandingkan pada tahun 1990. Penurunan ini disebabkan karena kasus HIV/AIDS. Tingkat kematian bayi juga meningkat dari 5,9% pada akhir tahun 1990an menjadi 12,3% pada tahun 2004, sementara itu pada waktu yang bersamaan terjadi tingkat kelahiran bayi yang meningkat secara drastis.
Sistem fasilitas kesehatan juga tidak berbeda jauh dengan kondisi kesehatan masyarakat. Pada akhir November 2008, tiga dari empat rumah sakit besar di Zimbabwe ditutup. Selain itu, para dokter dan ahli medik juga melakukan migrasi besar-besaran seiring dengan memburuknya keadaan politik dan ekonomi.
Pada Agustus 2008, sebagian besar daerah Zimbabwe mengalami epidemi kolera. Keadaan ini semakin parah dengan 10.000 orang terinfeksi kolera di hampir seluruh provinsi di Zimbabwe. Epidemi ini juga tersebar hingga ke negara tetangga seperti Botswana, Mozambik, Afrika Selatan dan Zambia.

Sumber:
id.wikipedia.org
www.arkand.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar