Sabtu, 28 Mei 2011

Saya dan Negara Republik Namibia


NAMIBIA
(sumber Wikipedia, idtixik.com)

Republik Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian Barat Daya, tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan  Angola  dan  Zambia di sebelahutara, Botswana ditimur, dan Afrika Selatan di selatan.

Namibia memperoleh kemerdekaannya dari kekuasaan Afrika Selatan pada tanggal 21 Maret 1990, , dan hari ini dijadikan hari Nasional Namibia.
Sejarah kolonialisme di Namibia bermula pada abad ke-19. Saat itu, negera-negara seperti Jerman, Inggris, dan Portugis memperebutkan  Namibia yang kaya hasil bumi itu. Jerman yang berhasil menang dalam perebutan ini, menamai Namibia sebagai Afrika Barat Daya. Setelah PD I yang menimpakan kekalahan kepada Jerman dan didirikannya Liga Bangsa-bangsa, Namibia diserahkan ke bawah protektorat Inggris dan disatukan dengan Afrika Selatan. Sistem pemerintahan apartheid yang diterapkan oleh Afsel menimbulkan kemiskinan dan keterbelakangan di tengah rakyat Namibia. Sejak tahun 1960, mereka bangkit berjuang menentang pemerintahan rasialis Afsel. Namun, atas dukungan negara-negara Barat, kekuasaan Afsel atas Namibia terus berlangsung hingga tahun 1990, ketika Namibia meraih kemerdekaan penuh, sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kotanya ialah Windhoek (yang merupakan kota terbesar).

Mayoritas penduduk berkulit putih menuturkan bahasa Jerman atau Afrikaans. Keduanya tidak lagi berstatus bahasa resmi sejak Namibia merdeka tahun 1990.

Windhoek, ibukota Namibia, memiliki sejarah yang tanggal kembali ke abad ke-19 dan menceritakan kisah kelahiran Windhoek. Sebuah kota dengan suasana yang menyenangkan dan menenangkan dan hak lokasi yang strategis di jantung negara, Windhoek penting untuk relevansi politik sebagai ibukota Namibia dan juga karena itu adalah tujuan wisata utama di Namibia. Windhoek ditempatkan pada ketinggian sedikit lebih dari 1600 meter dan di tengah-tengah perbukitan Namibia. 

Namibia modal mengalami iklim yang sejuk ditandai dengan sinar matahari cerah dan langit biru. Windhoek lebih dingin dari pada daerah interior lainnya Namibia. Meskipun Windhoek adalah tempat yang kecil dengan hanya 160.000 penduduk, ini adalah kota terbesar Namibia.Windhoek adalah salah satu tempat terbersih di Afrika dan memiliki suasana santai. Sebagai ibukota Namibia, Windhoek adalah pusat komersial yang cukup besar, sebuah bisnis yang penting dan keuangan pusat, seorang perwakilan dari budaya negara dan juga merupakan tujuan wisata utama. Ibu kota Namibia penuh dengan tempat-tempat wisata dan tujuan wisata. perjalanan ini wisatawan akan termasuk air mancur meteorit Gibeon, yang Fest Alte atau Old Fort, The Rider, The Tintenpalast, State House dll Menjadi bekas koloni Jerman, Windhoek masih mempertahankan ke jejak sebagian besar dari Jerman, budaya bahasa dan masakan. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dari ibu kota Namibia, tetapi Jerman bisa digunakan di mana saja di kawasan ini. 

Windhoek Hosea Kutako International Airport yang terletak 45 kilometer dari kota utama. Windhoek menawarkan para wisatawan sejumlah hotel, loge, penginapan dan guest house yang menawarkan akomodasi yang memadai dilengkapi fasilitas yang sangat baik dan kualitas layanan. Menggabungkan rasa modern dan arsitektur Jerman, Windhoek adalah pusat politik, bisnis dan budaya Namibia.

Geografi Namibia

adalah kondisi geografi negara Namibia di benua Afrika bagian selatan. Namibia dibatasi oleh dua sungai besar di sebelah utara, yakni Sungai Kunene dan Sungai Okavango. Sungai Kwando mengalir melalui Caprivi Strip dan Sungai Zambesi mengalir di wilayah timur laut. Sungai Orange mengalir di perbatasan sebelah selatan. Walaupun banyak dialiri sungai, Namibia merupakan negara yang kering dan bencana kekeringan sering pula terjadi. Perbatasan sebelah barat membentang 950 mil (1500 km) di sepanjang pesisir Samudra Atlantik. Gunung-gunung pasir yang besar dari Gurun Namib terbentang di sepanjang pesisir. Gurun Kalahari melingkupi bagian timur Namibia. Wilayah Namibia sebagian besar merupakan dataran bergelombang dengan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut.
Ada beberapa dataran tinggi, dataran rendah dan Tablelands. Dataran tinggi terletak di tengah negeri. Di antaranya dataran tinggi bahwa ketinggian tertinggi adalah puncak Brandberg yang meningkat hampir 2.606 meter di atas permukaan laut.Di sisi lain Tablelands atau dataran tinggi menutupi bagian utara dan selatan negara itu. Orange Sungai mengalir ke wilayah selatan Namibia. Di sisi timur negara itu, terletak Gurun Kalahari. 












Bendera Negara
Lambang Negara


BENDERA NEGARA NAMIBIA

Bendera Republik Namibia sangat berwarna dan juga signifikan. Di sudut atas dari sisi hoist, segitiga biru adalah fitur. Dan itu juga dikenakan matahari berwarna kuning di sudut kiri. Lain segitiga warna hijau juga ditampilkan di sudut bawah sisi terbang. satu ini juga ukuran sama dengan yang biru. Bagian persimpangan segitiga ini berwarna merah. Ini jalur merah lagi dibatasi oleh dua garis putih sempit. 


Peta Negara Namibia


Bahasa Resmi
:
Bahasa Inggris
Pemerintahan
:
Republik
Presiden
:
Perdana Menteri
:
Nahas Angula
Kemerdekaan
:
Dari Afrika Selatan pada tanggal
21 Maret 1990
Luas Negara
:
825,418 Km2
Jumlah Penduduk (2006)
:
1.830.330 jiwa
Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2005
:
US$ 13,35 milyar
Pendapatan Perkapita
:
US$ 6.499
Mata Uang
:
Dollar





BAHASA DI NAMIBIA

Ada 2 (dua) bahasa yang digunkan di Namibia yaitu bahasa Nama dan bahasa Tsawana.

1.    Bahasa Nama (dahulu Khoisan) merupakan yang terbesar dari bahasa-bahasa Khoisan dan diucapkan di sebagian Afrika Selatan, Botswana, dan Namibia oleh sekitar 233.701 jiwa. Orang Hottentot biasa merujuk diri dan bahasanya sebagai Nama, suku terbesar penutur bahasa Hottentot. Kata 'Khoisan' berasal dari 'khoi', kata Nama untuk mereka sendiri, dan 'san', yang merupakan kata Nama untuk Bushman, suku penutur Khoisan lain yang lebih kecil. Namun, istilah 'Hottentot', berasal dari pemukim awal Belanda, yang saat mendengar penuturan bahasa ini, mengira semua penduduk asli berkata 'hot' dan 'tot'.

2.    Bahasa Tswana atau juga dikenal sebagai Setswana adalah bahasa yang dituturkan di Botswana dan sekitarnya. Bahasa Tswana dipertuturkan secara meluas di Afrika Selatan, terutamanya di Botswana dan di Afrika Selatan di Tanjung Utara, Negeri Vrijstaat ("Negeri Bebas") pusat dan di barat dan di Daerah Barat Laut. Terdapat juga sejumlah penutur di Namibia.

SUKU BANGSA DAN SUKU PRIBUMI DI NAMIBIA

Damara adalah bangsa yang tinggal di Namibia, Afrika. Mereka menuturkan bahasa Nama dengan dialek Damara. Pengelana Francis Galton mengunjungi Damaras pada abad ke-19. Pada abad ke-19, mereka disebut Berg Damara atau Bergdama.
(Sumber : Kurakurahijau.multiply.com)
Ada suku pribumi yang telah berada selama lebih 350 tahun, yaitu Suku Herero dengan populasi kira-kira 100.000) mendiami bagian tengah dan Timur Namibia, Afrika -- sebuah negara dengan mata pencaharian utama dari peternakan, terkenal dengan para wanitanya yang senang menggunakan hiasan kepala dengan bentuk tanduk sapi (mungkin seperti yang digunakan orang Minangkabau - red) dan gaun panjang bergaya Victoria yang diperkenalkan oleh seorang misionaris Jerman pada tahun 1800-an suku ini juga kuat memelihara tradisi. Saat ini mereka menggabungkan  dogma  Kristen dengan  penyembahan  kepada  roh  leluhur  dan upacara mistis. 

Pendirian bangsa Herero bersumber dari cerita tentang dua bersaudara yang berpisah di sebuah pohon penunjuk setelah meninggalkan "sebuah negara yang memiliki banyak gunung". Pada tahun 1800-an mereka bermigrasi ke Selatan, meninggalkan suku Himba dan Tjimba di belakangnya. Mereka menjadi salah satu bangsa yang ditakuti dan suka berperang. Nama mereka berasal dari Okuhera yang berarti 'melempar sebuah "assengai" (senjata khas Afrika)'. Namun demikian, sejarah mencatat betapa budaya mereka telah ditindas dan tanah mereka dirampas. Ditambah dengan fakta bahwa jumlah mereka menurun sangat drastis pada awal 1900-an oleh kekejaman bala tentara Jerman yang membantai mereka. Perang ini memaksa mereka lari masuk ke bagian paling tidak ramah dari gurun pasir Kalahari, Namibia juga di negara Botswana di mana kebanyakan dari mereka tinggal sampai sekarang. 


IKLIM NAMIBIA 

Kondisi cuaca Namibia berfluktuasi antara tropis dan subtropis. Cuaca sebagian besar tetap hangat dan kering sepanjang tahun. Namun musim dingin yang relatif dingin. Curah hujan sangat rendah di negeri ini. Namun dalam Kavango dan Caprivi, curah hujan relatif tinggi. Cuaca benar-benar menjadi sangat panas selama bulan Desember. 

FLORA DAN FAUNA DI  NEGARA NAMIBIA 
*               Flora: 
Wilayah gurun mencakup sebagian besar negara. Itulah mengapa flora Namibia tidak begitu kaya dan beragam. Namun spesies unik tanaman gurun yang ditemukan di sini. Ini adalah berbagai jenis welwitschia dan buaya.

*               Fauna: 
Hewan di negara Namibia sangat kaya dengan berbagai spesies unik yang ditemukan di hutan. Gajah, badak, singa, cheetah, macan tutul, burung unta yang banyak ditemukan di negeri ini. Selain itu berbagai spesies lain jerapah, hartebeest, eland, Impala, zebra, kudu, springbok, rusa kutub, gemsbok dll juga ditemukan di sini. Kori Bustard dan korhaan Karroo adalah dua spesies unik burung yang ditemukan dalam jumlah besar di negeri ini.

EKONOMI NEGARA NAMIBIA

Namibia telah dianggap sebagai negara pengekspor terbesar keempat-mineral non-bahan bakar di Afrika.Status ekonomi negara sebagian besar bergantung pada bisnis ekspor mineral. Produk-produk pertanian dari negara tersebut millet, kacang, anggur, sorgum dan sebagainya. Industri yang berkembang sangat cepat di negeri ini adalah industri pembungkus daging, susu produk industri, industri pengolahan ikan, industri pertambangan Pertambangan dll dari beberapa hal seperti berlian, timah, 
perak , tungsten, timah, seng, uranium, dll tembaga sangat kaya di sini. Bahan yang diekspor adalah berlian, tembaga, timah, emas uranium, seng dll Afrika Selatan dan AS adalah mitra ekspor utama Namibia.

PEMERINTAHAN NEGARA NAMIIBIA

Namibia membentuk pemerintahan sendiri yang merupakan bentuk pemerintahan republik setelah negara tersebut mencapai kemerdekaan pada tahun 1990. Struktur pemerintahan Namibia adalah tiga kali lipat.Pemerintah telah tiga divisi, cabang eksekutif, cabang legislatif dan cabang yudisial. Masing-masing bagian dari pemerintah Namibia memiliki
fungsi yang berbeda dan tanggung jawab. 
Presiden Namibia yang adalah kepala pemerintah Namibia dan juga Negara Namibia dipilih melalui pemilu dan melayani jangka waktu lima tahun. Kabinet, yang terdiri dari Presiden, Perdana Menteri, Wakil Perdana Menteri dan menteri lainnya yang menunjuk presiden  membuat
dan menjalankan berbagai kebijakan. 

Hukum bangsa dirumuskan oleh unit hukum utama pembuatan, Parlemen, yang merupakan bagian terpenting dari cabang legislatif dari pemerintah di Namibia.Parlemen dibagi menjadi Majelis Nasional dan Dewan Nasional. Pemerintah Namibia merupakan struktur politik negara dan bertanggung jawab untuk administrasi yang tepat Namibia. 

PENDUDUK NAMIBIA

Populasi penduduk Namibia saat ini sekitar 2.055.080 orang menurut Sensus terbaru. Populasi Namibia terbagi di pedesaan dan daerah perkotaan di negara Namibia. Penduduk Namibia terdiri dari rascampuran orang. Salah satu ras besar hidup di negara Namibia Ovambo.  Pendudukan utama dari klan ini adalahpertanian. Mereka tinggal di bagian utara negeri dan menyusunbagian besar dari populasi Namibia.  Mereka berbicara denganbahasa yang dikenal sebagai Bantu.  Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dari penduduk Namibia. Afrikaans dan Jerman juga dituturkan oleh bagian besar penduduk Namibia. Setiap kelompok etnis di
negara Namibia berbicara bahasa mereka  sendiri.

Suku-suku lokal Namibia yang Herero, Kavango, San, Damara dan Khoikhoi. Agama utama diikuti oleh penduduk Namibia adalah Kristen. Sisanya penduduk di Namibia berikut berbagai kafir dan agama tradisional. Pendidikan dasar adalah wajib bagi anak-anak termasuk kelompok usia enam sampai lima belas. Banyak lembaga pendidikan muncul di negara Namibia untuk mempromosikan pendidikan antara orang-orang Namibia. 

Berikut ini adalah kelompok dalam mana penduduk Namibia dapat dipisahkan menjadi:
  • Himba
  • Kavango
  • Herero
  • Rehobot Basters
  • San
  • Nama
  • Topnaars
  • Caprivians
  • Coloureds
  • Orang berkulit putih
  • Owambo
  • Tswanas
  • Damara

1 komentar: