Jumat, 27 Mei 2011

Saya dan Negara Kenya

Kali ini saya menjelaskan beberapa informasi mengenai negara Kenya. Republik Kenya adalah sebuah negara di Afrika Timur yang berbatasan dengan Ethiopia di utara, Somalia di timur, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di tenggara. Kata Kenya ', / kɛnjə /, berasal dari Kikuyu, Kamba Embu dan nama untuk GunungKenya, "Kirinyaga", "Kirinyaa" dan "Kiinyaa". Arti dari kata-kata tersebut, dalam tiga bahasa, adalah "tempat dengan burung unta" - yang merujuk pada bulu hitam danputih burung unta jantan. Bila dilihat dari kejauhan puncak tertutup salju dari gunungadalah seperti bulu burung unta putih dari laki-laki. Kenya memiliki 42 etnis, bahasa Swahiri adalah bahasa negara, dan bahasa Inggris bahasa resmi. Pemerintah Kenya berencana sebelum akhir tahun 2005 menjadikan bahasa Swahiri sebagai bahasa resmi kedua. 38% penduduk menganut agama baru Kristen, 28% penduduk menganut Agama Katolik, 6% penduduk memeluk Agama Islam, yang lain agam premitif dan Agama Hindu. Negara ini berpenduduk sebanyak 32.021.860 jiwa dan kota terbesarnya adalah Nairobi, yang juga merupakan ibukotanya.

Sejarah Pra Kolonial & Kolonial
Orang Afrika Utara pindah ke Kenya pada sekitar 2000 SM. Pedagang Arab mulai mengunjungi daerah pesisir Kenya pada awal abad pertama. Karena jarak Kenya yang dekat dengan Semenanjung Arab mengundang kolonisasi, dan tempat tinggal orang Arab dan Persia berkembang di sekitar pesisir pada abad ke-8. Pada awal millenium, suku Nilotic dan Bantu mulai masuk ke daerah ini, dan sampai sekarang merupakan tigaperempat dari populasi Kenya.


Beberapa abad sebelum kolonisasi, Kenya merupakan bagian dari daerah timur Afrika yang digunakan oleh bangsa Arab untuk mencari budak. Awalnya pencari budak ini berasal dari Arab, namun kemudian juga datang dari Zanzibar (seperti Tippu Tip). Suku Ameru berasal dari budak yang kabur dari tanah Arab sekitar tahun 1700. Penduduk pertama Kenya saat ini adalah pemburu-pengumpul kelompok. Kemudian digantikan oleh pembicara Kushitik agropastoralist dari Tanduk Afrika. Selama awal Holocene iklim regional bergeser dari kering ke basah kondisi iklim, ini memberikan peluang bagi pengembangan tradisi budaya, seperti pertanian dan penggembalaan, dalam lingkungan yang lebih menguntungkan.
Kenya pertama kali dijajah oleh bangsa Eropa yaitu negara Portugal, Vasco da Gama mengunjungi Mombasa pada tahun 1498. Portugis mengontrol bagian pesisir Kenya mulai dari Malindi sampai Mombasa. Kehadiran kolonial Portugis di Afrika Timur secara resmi dimulai pada 1505, ketika flagship di bawah pimpinan Don Francisco De Almeida membom dan merampok Kilwa, sebuah pulau yang terletak di selatan Tanzania. Berikutnya, orang Portugis merampok Mombasa ketika pemimpin kota menolak untuk membayar pajak. Kemudian Hoja (sekarang dikenal sebagai Ungwana, terletak di mulut Sungai Tana), Barawa, Angoceh, Pulau Patejuga diserang dan kota-kota pesisir lain sampai Samudra India barat merupakan surga bagi kepentingan perdagangan Portugis dan pajak diserhakan kepada Portugis oleh kota-kota di sepanjang pesisir Afrika Timur.

Kenya saat ini dibagi menjadi 47 kabupaten semi-otonom masing-masing pemerintahitu memiliki semi- otonom sendiri dipimpin oleh seorang gubernur terpilih. Di bawahkonstitusi lama, Kenya terdiri dari delapan propinsi masing-masing dipimpin olehseorang Komisaris Provinsi (pusat diangkat oleh presiden). Provinsi (mkoa mikoajamak tunggal dalam bahasa Swahili) yang dibagi menjadi distrik (wildyah). Ada 69 kabupaten sebagai Tahun 1999 sensus. Kecamatan ini kemudian dibagi lagi menjadi 497 divisi (taarafa). Divisi tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 2.427 lokasi (mtaa) dan kemudian 6612 sublocations (mtaa mdogo). Kota Nairobi menikmati statusprovinsi administratif penuh. Pemerintah mengawasi administrasi kabupaten dan provinsi. Provinsi-provinsinya adalah:
1. Tengah
2. Pantai
3. Timur
4. Nairobi
5. Utara Timur
6. Nyanza
7. Rift Valley
8. Barat




Politik & Ekonomi
Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, di mana Presiden Kenya menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. Negara ini juga memakai sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.
Sejak kemerdekaannya, Kenya berhasil menjaga stabilitas di tengah perubahan sistem politik dan krisis-krisis di negara tetangganya. Ditambah lagi setelah dianutnya demokrasi multipartai, penduduk Kenya bisa menikmati kebebasan yang lebih. Reformasi yang dilaksanakan parlemen pada tahun 1997 merevisi beberapa undang-undang yang opresif, diwariskan dari era kolonial dan mengekang kebebasan berbicara dan berkumpul.
Pada Desember 2002, terjadi perubahan dalam kekuasaan di Kenya. Untuk pertama kalinya diadakan pemilu yang terbuka dan demokratis, serta oleh pengamat internasional dinilai bebas dan adil. Kekuasaan yang tadinya dipengang satu partai sejak merdeka berpindah ke koalisi-koalisi baru partaipolitik. Dari pemilu tersebut, Mwai Kibaki terpilih menjadi Presiden Kenya.
Pada Desember 2007, Kibaki memenangi pemilu presiden secara kontroversial. Akibatnya kerusuhan pecah di Kenya. Kemudian pada April 2008, Kibaki mengumumkan kabinet baru yang merupakan koalisi antara partai berkuasa dan opisisi di mana pemimpin opisisi Raila Odinga menjadi Perdana Menteri Kenya. Masing-masing partai juga berhak memilih wakil perdana menterinya sendiri. Mata uang negara ini adalah Shiling Kenya. Perekonomian negara Kenya berbasis pasar, dengan beberapa perusahaan infrastruktur milik negara, dan memelihara sistem liberalisasi perdagangan eksternal. Negara ini umumnya dianggap sebagai pusat Timur dan Afrika Tengah untuk keuangan, komunikasi dan jasa transportasi. Pada bulan Maret 1996, Presiden Kenya, Tanzania, dan Uganda kembali mendirikanMasyarakat Afrika Timur (EAC). Tujuan tersebut EAC meliputi harmonisasi tarif danrezim bea cukai, pergerakan bebas manusia, dan memperbaiki infrastruktur daerah.Pada bulan Maret 2004, tiga negara Afrika Timur menandatangani Perjanjian Uni Bea Cukai. Kenya merupakan salah satu negara Afrika yang relatif baik dasar ekonominya di Sahara selatan Afrika. Menetapkan mekanisme ekonomi campuran yang mengutamakan ekonomi swasta berdampingan berbagai macam ekonomi lain, ekonomi swasta mencapai 70% ekonomi total, pertanian, jasa dan industri adalah tiga sogoguru ekonomi Kenya.

Budaya
Kenya tidak memiliki kultur tunggal, budayang cukup sulit untuk diidentifikasi. Selain bendera nasional, Kenya belum memiliki pakaian nasional yang melampauietnis beragam. Dengan masing-masing lebih dari 42 komunitas etnis di Kenya memilikipraktek sendiri tradisional dan simbol-simbol yang membuatnya unik, ini adalah tugas yang telah terbukti sulit di masa lalu. Kelompok etnis Kenya dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Bantu linguistik yang luas, Nilotic dan Etiopia. Sedangkan tidak ada kelompok etnis merupakan mayoritas warga Kenya, kelompok etnis terbesar, Kikuyu, membentuk hanya 20% dari total penduduk nasional, Lima terbesar - Kikuyu, Luo, Luhya, Kamba dan Kalenjin-account untuk 70%.97,58% dari warga Kenya berafiliasi dengan 32 kelompok adat besar. Etnis minoritas non-pribumi adalah orang Arab dan Asia. Hampir semua orang Arab Kenya tinggal di Pantai Propinsi, lebih dari separuh dari mereka di Mombasa.Lebih dari 99% dari penduduk Arab memiliki kewarganegaraan Kenya, berbicara Swahili bukan Arab, dan umumnya melihat diri mereka sebagai orang Afrika. Non-Kenya Arab, terutama pedagang kecil dari Yaman, disebut Shihiri.  The Kikuyu, Meru, Gusii, Embu, Akamba, Luyha (atau ejaan alternatif dari Luyia), Swahili dan Mijikenka (yang sebenarnya adalah kelompok kelompok etnis yang berbeda) merupakan mayoritas orang-orang berbahasa Bantu Kenya. Secara umum, Bantu telah petani.
The Kikuyu (atau Gikuyu) tanah air adalah sekitar Gunung Kenya dan diyakini mereka bermigrasi ke daerah dari Timur dan Utara Afrika Timur sekitar abad ke-16. Namun
, beberapa usaha telah dilakukan untukmerancang pakaian yang dapat dipakai untuk mengidentifikasi Kenya, seperti kainKente 'Ghana.
Kitenge, kain katun dibuat menjadi berbagai warna dan desain melalui bordirtie-dan-dye dan berat, secara umum diterima sebagai gaun Afrika. Meskipundigunakan di banyak negara Afrika, Kitenge belum diterima sebagai pakaian resmikarena hanya dipakai selama upacara dan fungsi non-resmi.
 

Ada beberapa masalah yang belakangan ini dihadapi oleh Kenya. Salah satunya adalah selama beberapa tahun belakangan ini, peningkatan populasi gajah di salahsatu cagar alam terbesar di negeri Afrika Timur ini jauh berkurang ketimbang masa-masa sebelumnya. Menurut otoritas cagar alam Kenya, penyebabnya adalah makin banyaknya pemburu liar, yang membunuh gajah untuk mengambil gadingnya. Jumlah gajah di Taman Nasional Tsavo, sejak tahun 2008 hanya berkembang dari 11.696 ke 12.572. Peningkatan sebesar dua persen. Sedangkan pada masa-masa sebelumnya kenaikan mencapai hingga empat persen.
Kenya memiliki taman nasional yang terkenal yaitu, Taman Nasional Amboseli, terletak di selatan Kenya, dekat perbatasan dengan Tanzania.Taman ini mencakup area seluas 392 km ² dan terletak di kaki lereng utara Kilimanjaro. Vegetasi yang meliputi semak berduri dan rumput. Di sana-sini beberapa jenis tumbuhan lebak sedges.  



Sumber:
http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/bulletin/kenya-khawatirkan-populasi-gajah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar